Translate

TRIP 5 BANGKOK PATTAYA OCTOBER 2012

Trip 5 Bangkok Pattaya

5 - 12 October 2012

di perjalanan ke 5 ini, saya sudah cukup tahu jalan, transportasi dan tempat-tempat wisata di Thailand. setelah Juli 2012 sempat backpacker seorang diri, kali ini saya mengajak papa dan mama untuk jalan-jalan. ini kali 2 untuk papa ke Thailand, tapi pertama kalinya buat mama. terlebih kaki mama yang sakit jadi tempat wisata tidak bisa sembarangan tentunya, terlebih umurnya sudah 65 tahun. untuk blog saya kali ini bisa jadi referensi tempat wisata bagi orang tua yang tidak kuat banyak jalan atau ingin tour yang santai2.

5 october 2012

kami berangkat dari bandara juanda dengan naik pesawat air asia, kemudian mendarat di bandara lama Don Mueang Airport. semenjak 1 October 2012 pesawat air asia resmi mendarat di Don Mueang Airport, tidak lagi mendarat di Suvarnabhumi Airport. Sebenarnya sih jauh lebih enak di Suvarnabhumi, bandaranya jauh lebih bagus, lengkap dengan foodcourt yang makanannya enak-enak, banyak toko-toko sehingga penumpang bisa jalan-jalan melihat-melihat dan yang penting ada fasilitas bis ke pattaya, BTS ke kota.
Di Don Mueang Airport jangan harap ada BTS, anda harus naik taxi menuju hotel, dan antriannya yak ampun kaya kereta api, panjanggg....... untungnya saya naik mobil jadi tidak ikutan antri taxi di bandara. malamnya kami menginap di condominium yang dipinjamkan teman saya. dibawahnya ada mini market jual macam-macam, baik sayur dan buah-buahan sampai makanan siap saji. berhubung lapar akhirnya saya dan keluarga ambil makanan siap saji itu, ada nasi sama ayam, nasi telur, mie, ikan, dll. kami juga sempat membeli durian, nanas dan buah-buah lainnya yang harganya murah dan rasanya enak (terutama nanas thailand enak bangett........).

6 october 2012

berhubung teman saya lagi ada antar tamu yang sewa mobilnya, saya dan papa mama pergi sendiri. saya mengajak papa mama ke Siam paragon. dari stasiun Ratchathewi naik BTS cuma 1 stasiun ke Siam, tibalah kami di Siam Paragon. disana kami berfoto-foto terlebih dahulu. kemudian membeli pork burger di McD. perlu diketahui bahwa Pork burger ini hanya ada di Thailand dan ga ada di Indonesia. jadi walaupun di Indonesia ada McD coba deh pas ke Thailand liat-liat menunya di McD ada beberapa yang beda, kalo yang vegetarian jangan kawatir, di McD thailand ada jual pie yang enak. perbedaan yg mencolok yaitu ga ada nasi hehehehhe......
berhubung saya ga makan babi saya pesen kentang goreng, trus ma orangnya ditawari beli paket aja lebih murah. pork burger, kentang large sama coke large cuma sekitar 120 baht alias 36.000. akhirnya saya pesen aja paket itu. kemudian kami pindah ke siam discovery mall yang letaknya hampir bersebelahan dengan siam paragon. karena kami bertujuan masuk ke Maddame tussaud yang terletak di lantai 6  food court. sambil menunggu rombongan teman saya, saya mengajak papa mama mencoba makanan jepang di Wasabi Japanese Restaurant. harganya ok ga mahal-mahal banget. dah gitu 1 paket dapat nasi, gorengan, sup dan salad.

Setelah makan kami berjalan-jalan keliling mall selama beberapa jam sampai capek rasanya. Akhirnya tidak lama rombongan teman saya datang. kami masuk bersama ke Maddame Tussaud. sebenarnya saya tidak terlalu kenal rombongan mereka, yang saya tau ada yang bernama Christine sempat bbm-an ma saya untuk sewa mobil teman saya itu, waktu itu saya dikaish harga 600 baht/orang sama teman saya, karena kenal sih hehehehehe............ kalo harga normal 800 baht/orang.
ini pertama kali saya masuk ke Maddame tussaud, di hongkong ada tapi saya belum pernah pegi. isinya patung lilin artis, tokoh pahlawan, orang penting sampai atlet juga ada disini. Mama saya pertama masuk tidak terlalu suka karena serem liatnya persis banget ma orang. kalo papa cuek, malah seneng minta foto sana sini.berikut foto-fotonya

main basket sama yaoming

michael jackson
artis Thailand yang terkenal di Korea
Favorit mama

patung lilin

Yak, Setelah puas foto-foto keliling Maddame Tussaud, kami gabung sama rombongan christine itu. keluarga mereka sangat ramah dan ceria sekali. apalagi waktu di mobil ada salah satu tante yang bilang bingung patungnya banyak trus waktu itu mau foto ma salah satu patung dia kaget kok patungnya bisa jalan ternyata yang dimaksud patung itu papa saya..... yak ampun tante masak papa saya dikira patung lilin sih. akhirnya kami tiba di Siam niramit, perlu diketahui disini adalah pertunjukkan tarian dan kebudayaan Thailand paling bagus di thailand. anda bisa melihatnya potongan adegan di www.siamniramit.com dari segi harga emang sih cukup mahal tapi dijamin setelah melihat matapun ga ingin berkedip melewatkan setiap adegan. kebetulan saya sudah pernah menonton jadi saya cuma membeli tiket untuk papa dan mama. saya dan teman saya menunggu di luar sampai acara selesai. selesai acara alhasil mama papa saya bilang sangat suka sekali dengan pertunjukkan Siam niramit. ya iyalah.... masa dah bayar mahal-mahal nonton jelek ya toh.
akhirnya 1 hari tlah berakhir, kami kembali ke condominium dan berpisah dengan Christine serta keluarganya. nice to meet you Christine and family ^^

7 cotober 2012

Hari ini teman saya masih ada job mengantarkan christine dan keluarganya, jadi saya dan papa mama pergi sendiri lagi.sekitar pukul 9 kami keluar dari condominium, kami naik taxi menuju ke Wat Phra Kaew atau yang disebut juga dengan Grand Palace. jaraknya cukup jauh tapi naik taxi di Bangkok tidak begtiu mahal. Dari Ratchathewi ke Wat phra kaew 100 baht saja. setiba disana cuaca sangat panas, serasa di oven dan bunyi TING....... setiba di pintu masuk segera saya membeli tiket masuknya 400 baht/orang. harga tiket masuk wat yang paling mahal di Bangkok. tapi didalamnya sangat bagus

Setelah mengelilingi Wat Phra Kaew, kami berjalan kaki sebentar menyebrang jalan. disana papa mama mencoba rujak buah ala Thailand juga karena cuaca panas kami membeli minuman dingin. waktu itu mama beli es kelapa, tapi sayangnya ga enak, orangnya kasih terlalu banyak es, jadinya rasanya hambar, dah gitu kelapanya sedikit sekali. haishh ga niat jualan neh orang. setelah makan rujak dan minum, badan cukup segar, kami melanjutkan perjalanan ke Wat pho. sebenarnya jaraknya cukup dekat, kalau anda muda mudi dan kuat jalan bisa saja. berhubung saya bawa orang tua dan mama saya kesulitan dengan kakinya saya panggil taxi saja. dari wat phra kaew menuju wat pho saya bayar 50 baht. sebenarnya ga sampai 50 sih 30an tapi berhubung sopirnya baik, perhatian dengan keadaan mama saya dan mau anterin walaupun deket gitu akhirnya ya kasih saja lah 50 baht.
Di wat pho ini terdapat Patung Buddha tidur (ya seperti yang sudah saya tulis di blog saya yang lalu lalu)
tiket masuknya 100 baht/orang.

setelah melihat-lihat wat pho kami sudah sangat capek jam sudah menunjukkan jam 2 dan kami belum makan siang. karena hari ini hari minggu, saya mengajak papa mama melihat weekend market Chatuchak. dari wat pho saya naik taxi sekitar 150 baht karena kami lewat tol, kalo tidak kena macet, Bangkok gak jauh jauh amat ama kota Jakarta, penduduknya terlalu banyak, kendaraan banyak, ruwet padahal sudah diatasi dengan BTS, MRT dan bis umum yang memadai, tetep aja macet.....
Akhirnya kami tiba juga di chatuchak, setibanya kami langsung mencari tempat makan. makanan disana menurut saya terlalu mahal untuk kelas warung. padahal saya cuma makan nasi sama terong aja 100 baht. yak ampun. mending saya makan kwetiaw ato tomyam untuk kelas restaurant dan mall harganya 60 baht.
setelah makan kami berjalan jalan menyusuri pasar, serta berbelanja tentunya.
Setelah puas berbelanja dan keliling pasar Chatuchak kami naik taxi ke Big C Saphan Kwai, karena teman saya menunggu disana. lalu kami pulang ke condominium naik mobilnya. malamnya kami sudah capek untuk bepergian lagi, jadi saya turun ke bawah condo dan membeli makanan dibawah.

8 october 2012

Hari ini kami berangkat ke Pattaya, pagi-pagi kami berangkat kemudian menuju ke rayong, kota sebelum Pattaya. kami mengunjungi sand sculpture. Disini anda bisa melihat sisi keunikan dan seni orang Thailand, seluruh patung yang ada disana dibuat dari pasir, yang pasti ga pernah dilihat di Indonesia. jadi ya walaupun biasa-biasa saja tempatnya, untuk sekedar tahu dan melihat-lihat ok lah.

Selanjutnya karena lapar kami melanjutkan perjalanan ke Pattaya, makanan favorit saya somtam pooma yakni mangga muda dengan campuran wortel plus kepiting mentah dengan rasa asam pedas. hmmmm enakk.....  apalagi ditambah dengan nasi goreng kepitingnya yang maknyuss....
Setelah makan, kami melanjutkan perjalanan ke pantai Pattaya, berhubung pas cuaca ga mendukung, hujan akhirnya kami ga bisa bersantai di pinggir pantai, akhirnya kami menuju hotel. kami menginap di hotel murah, harganya 500 baht/ malam, murah banget kan, tapi emang kamarnya ga bagus bagus amat, setidaknya ada kulkas, air panas, kolam renang dan tempat pijat, spa, sauna. mama papa karena capek mereka mencoba pijat disana. tapi jangan dikira tempat pijat cewek-cewek cantik ya. karena tempat pijatnya adalah tempat pijat orang buta!! Jadi semua tukang pijatnya tuna netra semua, jadi intinya mereka diajari keahlian memijat kemudian bisa bekerja mencari uang sendiri. jadi itung-itung ya bantu mereka juga. walaupun mereka tuna netra, pijetnya mantap lho, tamu-tamu silih berganti datang, bahkan orang-orang bule sekalipun. tarifnya juga murah 140 baht /jam.
Setelah pijat dan beristirahat sejenak di kamar, kami berangkat lagi untuk nonton magic show alias sulap. tempatnya dari luar sih ok, tapi didalam sedikit kurang terawat, dan tempat pertunjukkannya tidak terlalu besar kalau dibandingkan dengan alcazar show. Kami datang terlalu awal, sehingga harus menunggu cukup lama sampai kursi penonton hampir terisi penuh. setelah kira-kira menunggu setengah jam akhirnya acara dimulai. berhubung ga boleh rekam dan foto saya tidak ada dokumentasinya. tapi sumpahh acaranya kereen bangett!!! terutama yang sesi rumah sakit, dokternya bawa koper trus ditaruh kursi, kemudian tasnya kebuka dan dari dalam tas keluar suster ala sadako gitu hiiiii syeremm...... trus susternyaa dipotong badannya, dokternya duduk di tengah, jadi sebelah kiri badannya suster itu, trus sebelah kanan kakinya. itu masih lumrah lah ya. trus saya dikejutkan lagi dengan kereta pasien yang jalan kriet..kriet...kriet... keretanya kayanya jalan sendiri tapi ternyata ada yang dorong dan berhubung saya duduk dibarisan depan saya lihat sepasang kaki berjalan tanpa badan. AAHHH...... HOROR!!! ini nonton magic show apa masuk rumah hantu sih???
magic show
Akhirnya setelah menonton pertunjukkan kurang lebih 1 jam, kami makan malam, berhubung mama saya kepingin banget liat banci pattaya akhirnya kami meluncur ke alcazar show, tapi ga masuk nonton sih, soalnya sejujurnya acara nya "nggak banget..." cuma menang bancinya cantik cantik dan bajunya keren. tapi biasanya setelah show berakhir, banci-banci itu akan keluar ke depan gedung untuk berfoto bersama pengunjung. nah jadi saya dan papa mama stand by didepan gedung untuk sekedar lihat banci dan berfoto bersama mereka. tapi jangan lupa ya harus bayar 40 baht per orang. setelah puas foto2 akhirnya kami pulang ke hotel untuk beristirahat karena besok kami akan melakukan perjalanan lagi.

9 october 2012

Ya tak terasa ini sudah hari ke 5 kami di Thailand, kami pagi-pagi pergi makan ke tempat bubur yang terkenal di pattaya, saya sih ga terlalu suka makan bubur jadi pilih dimsum saja. setelah itu kami menuju Nongnooch Garden untuk melihat tarian, pertunjukkan gajah dan berfoto di taman-tamannya.
hasilnya papa mama saya sangat suka dengan pertunjukkan di nongnooch ini. saya juga sempat berfoto naik belalai gajah, papa juga lhoo (ga mau kalah sama anaknya walaupun dah umur 65 wkwkwkwk)

Setelah dari nongnooch kami makan siang lalu ke Silverlake dan Buddha laser. saat perjalanan pulang kami melewati vihara Chinese kami sempatkan mampir juga untuk berfoto dan melihat-lihat. Terakhir menuju pusat oleh-oleh di pattaya. lalu kembali ke bangkok.
silverlake

buddha laser

vihara chinese

10 october 2012

tibalah saatnya untuk shooping, saya mengajak papa mama ke pasar Pratunam dan Platinum mall. Berhubung tempat tinggal condominium kami dekat jadi kami berjalan kaki kesana. waktu berjalan kami melewati embassy Indonesia jadi kami sempat berfoto juga disana.
Tapi kalo buat orang tua saran saya jangan ke pasar pratunam deh, soalnya kasian jalannya sempit, kena himpit orang-orang yang bawa kereta, keranjang barang belanjaan mereka. soalnya pasar pratunam itu sebenarnya pusat baju murah, jadi orang-orang yang jual baju belinya disana. mama saya pun kapok kesana heheheheh sorry mom......kalo platinum mall masih ok lah, kaya mangga 2

11 october 2012

Hari ini saya mengunjungi Vimanmek Museum, yakni Istana Raja Thailand ke 5, kondisi rumahnya bagus sekali, moderen, lantai dan keramik2nya jauh bagus dibandingkan saat saya mengunjungi Istana raja 2 di Amphawa. ya maklum beda generasi dan jaman. apalagi pada saat Raja ke 5 itu pada pedagang China sudah datang menginjakkan kakinya ke Thailand, jadi banyak perabotan keramik China di Istananya.
Untuk bisa masuk ke museum ini sungguh repot, kami diwajibkan menitipkan segala barang bawaan ke loker termasuk kamera, HP dan tas. dah gitu ga boleh pake alas kaki jadi harus taruh sandal dulu di bawah.

Setelah keliling museum, kami makan siang di China town. setelah mnegenyangkan perut kami menuju Terminal 21, yaitu mall dengan konsep ala bandara seperti yang sudah saya jelaskan di blog saya sebelumnya "20 tempat wisata di kota Bangkok".

Setelah puas jalan-jalan saatnya kami membeli oleh-oleh dan makanan yang mau dibawa ke Indo, karena besok kami sudah pulang ke Indonesia. kami pergi ke Big C, yakni supermarket seperti Carrefour. saya beli mie tomyam, sambal dan camilan.

12 october 2012

Hari terakhir kami di Thailand, berhubung ada beberapa barang yang belum saya beli, saya kembali lagi jalan kaki ke Pratunam, sedangkan papa mama jalan-jalan didepan platinum mall, karena hari ini adalah hari pertama bazar vegetarian food, jadi mereka melihat-lihat makanan yang ada. kami pesen makanan dan dibungkus untuk dimakan di condominium. setelah makan dan mempersiapkan barang-barang akhirnya kami menuju ke bandara don mueang.
perlu diketahui bagi anda yang mau ke Thailand. Jangan ke bandara dengan waktu mepet. walaupun anda penerbangan jam 7 jangan kira cukup jam 5 apalagi jam 6 tiba di bandara. anda SALAH BESAR! jalanan di Bangkok macet, anda tidak tahu kapan anggota kerajaan turun kejalan. jadi kalo ada anggota kerajaan ato pejabat lewat, jalan ditutup sementara waktu. jadi lebih aman harus minimal 3 jam sebelumnya tiba di bandara. selain macet kendalanya adalah antri di loket airasia panjanggg kaya ular tangga.... saya saja untuk masukkan bagasi di stan air asia harus antri 1 jam!!! baru akhirnya bisa berdiri di depan loket dan menimbang barang, OKTOBER BUKAN HIGH SEASON, antrinya sudah bejibun, apalagi kalo high season
Sebelum melewati imigrasi, saya dan papa mama berpisah dulu dengan teman saya, kami juga sempat berfoto. dan inilah akhir cerita liburan kami selama 8 hari di Thailand.