Translate

Kamis, 06 September 2012

GUANG ZHOU, CHINA

GUANG ZHOU, CHINA

Tahun 2009 saya diwisuda, sebelum acara wisuda, saya pergi ke Guang zhou terlebih dahulu, karena papa saya dari surabaya terbang ke guang zhou untuk cek kesehatan. selain itu papa saya punya teman di sana jadi kami menginap di rumah temannya.

kota Guang zhou merupakan ibukota  propinsi Guang dong, dan kotanya sangat besar. dari segi bahasa juga berbeda jauh dengan propinsi Fu jian. kendala nya adalah banyak orang guang zhou yang tidak lancar bahasa mandarin. jadi intinya sama kaya orang madura suruh omong bahasa indonesia. nah susah kan, misalpun ngomong bahasa indonesia juga masih ada logat madura. jadi begitulah dengan orang guang zhou ini.

hari hari pertama saya menemani papa untuk cek kesehatan di zhong shan di yi yi yuan, alias rumah sakit nomor 1 di guang zhou.
dari apartemen menuju ke rumah sakit tidak terlalu jauh. rumah sakit ini cukup besar dan ramai, sampai-sampai didalam disediakan tangga elevator tidak hanya lift, sambil menunggu papa cek kesehatan dan perawatan saya melihat sekeliling, saya melihat anak bayi yang ditusuk jarum, pertama kalinya saya melihat bayi ditusuk jarum, kasihan sekali, apalagi dia terus melihat ke arah saya. jadi ya saya foto aja hahahahhaha........

sepulang dari rumah sakit kami melewati taman dan sempat berfoto disana
pintu masuk taman

danau penuh teratai




bagus kaan.... kota guang zhou sangat luas dan taman-tamannya juga besar.
yang terkenal dan merupakan ikon dari guang zhou adalah patung 5 ekor kambing. kisahnya dahulu kala kota ini penduduknya sangat miskin dan menderita, kemudian datanglah 5 dewa yang berbentuk kambing untuk menolong mereka semua.


Selain itu di dalam taman ini juga terdapat berbagai macam patung yang menggambarkan kisah hou yi memanah 9 matahari, harimau menyerang keledai dan sebagainya. yang paling terkenal tentu saja kisah hou yi, dimana bumi kacau dan muncul 10 matahari, bumi sangat panas, kemudian hou yi datang dan memanah ke 9 matahari itu dan hanya disisakan 1 saja.
hou yi adalah suami dari chang e yang kita kenal sebagai dewi bulan dan yang biasanya setiap dong qiu (perayaan bulan purnama) kita merayakannya dengan makan kue bulan. karena setahun sekali pada tanggal itu chang e dan hou yi bisa bertemu kembali. 

 
 
 

Setelah beberapa hari melakukan cek kesehatan dan pengobatan serta jalan-jalan di Guang zhou saya dan papa kembali ke Xiamen untuk acara wisuda saya. 
berfoto bersama teman papa sebelum pulang

2 komentar: