Translate

Kamis, 09 Agustus 2012

Perjalanan Backpacker ke Bangkok, Phuket dan Phiphi island.

PERJALANAN BACKPACKER KE BANGKOK,PHUKET DAN PHIPHI ISLANDS JULI 2012

Ini adalah perjalanan saya ke Thailand yang ke 4 kalinya, kali ini saya mencoba backpacker dan sendirian. dengan bermodalkan bahasa mandarin, sedikit Inggris dan thailand, uang secukupnya, tas ransel, baju secukupnya dan yang paling penting PETA. saya berpetualang menuju Bangkok, Phuket dan Phiphi Islands.

13 Juli 2012
Saya berangkat dari bandara juanda pukul 14.00. penerbangan saya dipagikan. seharusnya jam 3 lebih tapi malah 1 setengah jam lebih awal. yah ambil positifnya saya tiba di bangkok tidak terlalu malam. apalagi masih harus cari penginapan. akhirnya setelah 4 jam perjalanan saya tiba di Bangkok sekitar 18.00 tapi karena jadwal penerbangan yang terlalu padat, sehingga pesawat tidak bisa mendarat terlebih dahulu jadinya pesawatnya malah putar-putar dulu di atas selama 30 menitan. haishhh.... gimana sih air asia..... kok kagak jelas gitu jam terbangnya. akhirnya pesawat air asianya mendarat juga

akhirnya tiba juga di bandara Suvarnabhumi. yang perlu diketahui pesawat air asia berhenti di bandara Suvarnabhumi hanya sampai akhir september ini saja. pada tanggal 1 Oktober pesawat air asia resmi mendarat di bandara Don muang. bandara lama Bangkok, yang waktu 2011 lalu terendam banjir.  setiba di bandara seperti biasa saya melewati imigrasi. berhubung saya tidak menaruh bagasi jadi saya langsung saja menuju pintu keluar. karena sudah malam dan perut saya lapar saya menuju foodcourt di lantai bawah. seperti biasa saya memesan tomyum ikan di stan aroi seharga 40 baht. saya paling suka makan tomyum di stan ini. setelah puas makan saya segera menuju ke bawah untuk naik kereta airport link Suvarnabhumi menuju Ratchaprarop. saya belum ada memesan penginapan sama sekali dan tidak tahu dimana akan menginap. hanya saja saya sempat cek internet daerah Ratachaprarop ada penginapan murah. pikir saya nanti tiba disana saya jalan kaki keliling cari penginapan. ehhh ternyata hujan deras. setiba di Ratchaprarop saya segera turun lihat kanan kiri. mau kemana dengan kondisi hujan seperti ini. tak disangka saya melihat papan iklan link corner hostel didekat permberhentian airport link Ratchaprarop itu. langsung saya bergegas kesana, ga peduli harga yang penting saya bisa berteduh malam ini. saat saya masuk tampak luar hostel itu cukup bersih. saya memilih sekamar dengan orang lain, jadi 1 kamar 4 orang tapi perempuan semua harganya 380 baht permalam, per orang tentunya. saat masuk kamar saya sudah membayangkan kamarnya, kamar mandi pasti kotor soalnya murah, dah gitu campur dengan orang lain ntar gimana kalo dicuri..... agak takutt sihh.. tapi begitu masuk ehh ternyata kamarnya bersih, cuma ada 1 orang saja, jadi 1 kamar 2 orang dengan saya. trus kamarnya ber AC, ada lemari buat taruh barang dan bisa digembok jadi barangnya aman. trus toilet ada 2 dan kamar mandinya 3 semuanya bersih, pake shower, ada air panas dan disediakan hair dryer. kalo mau cuci baju juga bisa, ada mesin cuci cukup bayar 40 baht sekali cuci. pokoknya disana nyaman, jauh dari bayangan saya yang mengerikan. Malamnya saya berbincang-bincang dengan teman sekamar saya. Dia orang Jerman namanya Vivien streek.  dan dia sudah 3 bulan di Bangkok. berhubung Inggris saya pas pasan jadinya saya ngomong kaya tarzan. saya sempat menemani dia ke seven eleven untuk membeli makanan, sambil hujan hujanan gitu. setelah pulang saya mandi air hangat dan tidur.

airport link BTS
kamar link corner hostel

14 Juli 2012

Hari ini saya berencana mencari bis ke Chiang Mai tapi atas saran teman saya karena musim hujan tidak aman untuk kesana, takutnya longsor karena Chiang Mai adalah daerah pegunungan. akhirnya dengan berat hati saya pupuskan niat ke Chiang Mai dan saya berencana mencari bis ke Phuket saja. siangnya makan siang di suatu vihara. disana bisa memberi makan ikan juga. ikannya sangat banyak sekali.kemudian  saya berjalan-jalan di sekitar victory monument dan makan kwetiaw lea. penjual kwetiaw ini sangat unik. 1 orang bisa jadi pesan 10 mangkok. woow kok bisa? karena porsinya keciiil sekali. hanya sedikit mie dan kuah. saya saja pesan 2 mangkok. harganya 10 baht per mangkok.

Sorenya saya ke terminal bis Mochit. setiba disana saya merasa tubuh tidak fit, kepala pusing sekali. akhirnya saya batalkan ke Phuket malam ini.
ternyata saya malam itu sakit dan tidak bisa kemana-mana. akhirnya hari ini hanya saya lalui dengan beristirahat di kamar.
kasih makan ikan
victory monument
kwetiaw lea

15 Juli 2012

Setelah istirahat semalaman saya merasa hari ini cukup fit untuk menjalani aktifitas hari ini. Dengan memakai ransel yang cukup berat saya berjalan kaki menuju Siam Discovery, Siam Central dan Siam Paragon. karena teman saya bilang di Siam Central sedang ada big sale karena mall nya mau ditutup. ternyata kesana saya juga tidak membeli apa-apa hanya sempat foto-foto saja.

Tujuan selanjutnya adalah Wat arun, didepan Siam Mall itu ada pemberhentian Sky train (BTS). dari Siam saya menuju ke Sala Daeng seharga 20 baht. setiba di sala daeng saya mencari MRT,  dari BTS menuju MRT perlu berjalan kaki beberapa meter. tidak terlalu jauh tapi karena ransel saya yang cukup berat membuat saya capek. akhirnya saya menemukan MRT Si lom dan menuju Hua Lamphong seharga 18 baht.
eskalator menuju MRT

akhirnya setiba di Hua lamphong saya tak tahu harus naik apa untuk ke wat arun. saya jalan kaki, tibalah saya di china town. disana saya hampir ditipu orang, saya ditawari naik tuk tuk ke wat arun seharga 300 baht. saya menolak dan tetap jalan kaki. tak jauh ada sebuah kelenteng dan saya berdoa disana, meminta perjalanan saya ini bisa lancar. setelah berdoa saya melanjutkan perjalanan ke jalan besar Chinatown. dan saya menghampiri salah satu toko yang dijaga ibu cukup tua. untungnya saya bisa bahasa Mandarin jadi saya berbicara mandarin dengannya. saya menanyakan bis apa yang bisa menuju ke wat arun. dia bilang sih suruh saya cari bis nomer 1. tapi akhirnya sama ibu itu saya dipanggilkan tuk tuk dan diminta antarkan saya ke wat arun. dah gitu dibantu tawarin harga pula, jadi saya ke wat arun dengan 50 baht saja. hehehehe....

sekitar 10 menit sudah sampai. kemudian untuk sampai ke wat arun harus menyebrangi sungai Chaopraya. dengan kapal. harganya tidak mahal, sekali menyebrang hanya 3 baht saja. jadi pulang pergi 6 baht. tiba disana matahari sangat terik. untuk masuk ke wat arun kita harus bayar tiket 50 baht. dan tidak diperkenankan memakai celana pendek. berhubung waktu itu saya pakai celana pendek terpaksa harus deposit 100 baht dan kena biaya sewa kain 20 baht. sudah gitu malah tambah ribet, karena di wat arun kita bisa menaiki candinya. dan tangganya sangat curam sekali dan sempit. jadi kain penutup itu malah menghalangi langkah kaki saya. dah gitu ditambah lagi dengan beban ransel. tapi setiba diatas pemandangan sangat bagus dan saya sempat berfoto-foto dia atas. masalah muncul saat mau turun. saya takut sekali sampai kaki dingin dan gemetaran. tapi saya pikir lagi kalau saya ga turun gak bisa pulang dong, trus jalan satu-satunya ya tangga seram itu lagian ga mungkin suruh orang gendong saya turun. turun 1 orang aja susah. akhirnya saya beranikan diri untuk turun sambil mulut komat kamit bilang sienny u can do it!! u can do it!!! dan akhirnya saya berhasil turun. dari situ saya mendapatkan pelajaran, setakut apapun kita asal dilakukan pasti bisa. mengalahkan diri sendiri emang susah. dan saya semakin semangat untuk melanjutkan petualangan saya ini ke Phuket dan Phiphi island.

@wat arun

Setelah keluar dari wat arun saya menyebrang dengan kapal lagi kemudian saya bingung cari kendaraan untuk ke Siam. akhirnya saya tanya penjual di pinggir jalan dan orang itu menyuruh saya untuk naik kapal sampai ke central pier. akhirnya saya naik kapal umum itu, jadi di Kota Bangkok hari ini saya sudah menikmati transportasi baik Sky train BTS, kereta bawah tanah MRT dan tranportasi di air. mantap....
kurang lebih 20 menit saya tiba di Central Pier dan enaknya di sana sudah terdapat pemberhentian BTS Saphan Taksin, dari saphan taksin saya menuju Siam lagi, harganya 40 baht. karena saya mau mencari bis di Mochit. akhirnya saya tiba di terminal bis dan memesan tiket bis ke Phuket harganya sekitar 750 baht. sekitar pukul 20.00 saya berangkat menuju Phuket.
naik kapal umum dari wat arun menuju central pier

16 Juli 2012

Sekitar pukul 9.00 bis sudah tiba di terminal 2 Phuket. kemudian saya naik tuk tuk untuk mencari penginapan, bapak tuk tuk itu yang membawa ke penginapan, pokok minta yang murah sekitar 500 baht permalam. bapak tuk tuk itu membawa saya ke rattana mansion harganya 600 baht permalam. yah ok lah. saya sih mau saja. dan bapak tuk tuk itu dapat komisi dari pihak penginapan tentunya. tempatnya juga bersih dan dipinggir jalan raya, di seberang jalan ada depot dimsum. dan saya setiap pagi makan disana. karena sudah siang dan lapar saya mencari makan dan menemukan toko mie hokkian yang ramai sekali. saya sih coba-coba saja, kalau rame kan berarti enak. hehehehe.... saya memesan mie hokkien itu dan rasanya bener-bener enak..., ternyata toko mie itu emang terkenal di Kota Phuket. wahhh pinter deh bapak tuk-tuknya kasih saya penginapan dekat makanan enak-enak ^^.
Setelah makan saya melanjutkan perjalanan mencari paket tur ke phiphi island. setelah kurang lebih memasuki 3 atau 4 kantor tur saya menemukan kantor tur yang memberikan harga 1500 baht tur 1 hari penuh dengan menggunakan kapal boat. saya sih lebih pilih naik boat daripada naik yacht, emang biaya naik yacht lebih murah tapi orang terlalu banyak. setelah deal harga dengan kantor tur, saya pulang ke penginapan dan tidur sebentar. sorenya saya diberi tahu resepsionis dibawah kalo ada pasar malam, dan hari ini adalah hari terakhir. akhirnya saya mengambil peta Phuket yang ada di sana dan oleh resepsionis diberi tanda dimana saya harus pergi. dengan berdasarkan peta saya jalan kaki menuju pasar malam itu. kira-kira jalan kaki hampir setengah jam tibalah disana, berhubung saya perginya masih sore tidak terlalu malam, jadi pasarnya masih sepi. saya sempat mencicipi udang, dan kerang, rasanya enak sekali, perlu diketahui karena kota Phuket berada dekat laut jadi makanan seafood disini sangat banyak, dan dijamin fresh langsung dari laut.
pasar malam di Phuket jam 16.30

dari pasar malam itu, saya baca-baca peta ternyata posisi saya sekarang dekat dengan pantai Phuket. akhirnya saya berdasarkan peta itu menuju pantai Phuket, ya pantainya sih biasa-biasa saja.

saya juga sempat melihat-lihat hutan mangrove disana. saat hendak ke pasar malam saya sempat melewati danau dan saya sempat melihat dipapan pengumuman ada air mancur di danau. jadi setelah dari hutan mangrove saya menuju danau itu dan saya menunggu 1 jam sambil makan camilan dan minuman. tapi sudah jamnya kenapa masih belum keluar juga airnya?? ehh ternyata setelah saya tanyakan hari senin tidak ada. hiihh sebel aku!! akhirnya dengan bete bete saya jalan pulang. kebetulan dekat penginapan saya ada pasar, dan kalau malam berjejeran jual makanan. akhirnya saya pesan nasi goreng cumi. dan OMG...... sudah nunggu makanan lama, nasi gorengnya ga enak... agak gosong-gosong.. hhhh. akhirnya ya tidak saya habiskan. dan kapok ga mau makan disana lagi.
sesampai d penginapan saya menyiapkan barang-barang untuk ke phiphi island besok.

17 Juli 2012

Pagi-pagi jam 7 saya sudah siap di lobby bawah tapi orang yang menjemput belum datang. jadi saya pergi makan dulu di Dimsum depan. selesai makan pun mobil yang menjemput belum juga tiba. Sampai kira-kira pukul 9 mobil itu baru datang. sampai sampai resepsionis di penginapan saya itu ngomelin orang yang jemput itu. di mobil sudah ada 2 orang perempuan dan laki-laki. kemudian kami masih menjemput di hotel hotel lainnya. total ada 9 orang. akhirnya kami tiba di pelabuhan. disana sudah ada peserta tur lain yang menunggu di dalam kapal boat dan hanya kami 1 mobil yang terlambat. kami duduk di barisan depan, bahkan ada yang di luar didepan kapal boat. saya sih duduk dibarisan depan. dari Phuket menuju Phi-phi island kurang lebih 1 jam. dan saya mabuk laut karena goncangan kapal boat. pertama kami tiba di Maya Bay. tempat dimana Leonardo Dicaprio syuting film, tempatnya indah, pasir berwarna putih, airnya biru kehijauan. dan sekelilingnya adalah  bebatuan bukit yang terjal.

maya bay

setelah puas berfoto-foto, kami melanjutkan perjalanan naik kapal ke suatu andaman, disana kami bersiap-siap untuk snorkling, kami diberi waktu 30 menit untuk snorkling. ini pertama kalinya saya snorkling. dan tidak terbiasa bernafas dengan menggunakan mulut. jadinya saya malah bingung trus menelan air laut. yaikksss...asin sekali. akhirnya saya tidak menggunakan alat itu. saya menahan nafas saja. pemandangan bawah laut sangat indah, walaupun agak pusing sih melihatnya. dibawah saya melihat terumbu karang dan ikan-ikan berwarna kuning, biru. bahkan saya berenang bersama ikan-ikan itu disamping saya. sayangnya saya tidak ada kamera untuk di air jadi saya tidak bisa memfotonya.

tempat snorkling
i'm ready!!

Setelah snorkling kami naik lagi ke kapal dan berkeliling melihat pulau kera, sayangnya kami tidak boleh turun berfoto bersama kera-kera itu. karena pernah kejadian turis yang diserang oleh monyet itu. setelah itu kami pergi ke suatu tempat bernama bird nest. tempat ini disebut bird nest karena didalam gua itu terdapat banyak burung.
bird nest
 Setelah berkeliling kami pergi ke suatu pulau untuk santap siang. pulau itu sangat indah dengan rerumputan hijau dan pondok besar. pondok itu bisa menampung ratusan orang. saat kami datang makanan buffet sudah disiapkan. saat itu hujan deras, dengan badan masih basah habis snorkling saya memakai handuk agar lebih hangat.
segera saya duduk menunggu orang-orang mengambil makanan terlebih dahulu, karena saya tidak suka berdesakan, ketika agar sepi baru saya kesana. toh saya kan hanya makan sayuran dan seafood saja. saya tidak makan ayam, babi, sapi, kambing, daging apapun. kecuali seafood. kalo ayam goreng habis tidak masalah bagi saya hehehehe......
di meja buffet sudah disiapkan nasi goreng, spaghetti, sup seafood, sapo tahu jepang, ayam goreng, buah-buahan. rasanya sangat enak, saat makan saya diajak bincang-bincang oleh orang bule dia bilang paket tur di Thailand sangat murah dan dia juga bilang suka makanan Indonesia, dia pernah ke malaysia dan mencicipi makanan Indonesia Lalu saya tanyakan kenapa tidak ke Indonesia? terutama Bali karena pulau bali adalah tempat dengan Hinduisme yang kental dan jarang dijumpai. Tapi dia bilang kalau ke Bali sangat mahal, lebih mahal, membutuhkan banyak uang daripada jalan-jalan di Thailand. saya pikir-pikir lagi iya juga sih. makan diThaialnd murah, paket tur juga murah. saya dengan 1500 baht alias 450 ribu aja sudah bisa menikmati paket tur yang macam gini diantar jemput ke hotel, tur 1 hari plus makan siang, dikapal masih dikasih camilan, minuman jeruk segar, free semua, bebas mau ambil.
kalo di Bali ga bisa lah..... makan juga mahal, transportasi juga tidak memadai. naik Taxi mahal. belum lagi kalo kena tipu, diputer puter ma sopir taxinya.
tempat makan siang
Setelah makan kami naik ke kapal lagi untuk melanjutkan perjalanan. perjalanan kurang lebih 45 menit, kami tiba di suatu pulau, dengan pantainya yang bersih dan pasirnya putih. kami dipulau ini untuk 1 jam dan kami bebas berenang, voli pantai ataupun menikmati jajanan di pulau itu. saya membeli jagung bakar (dah makan, masih makan jagung lagi hahaahhaha.... kan sudah 45 menit yang lalu, jadi laper lagi) jagung bakarnya sih ga terlalu enak, masih enakan jagung bakar agojas mulyosari. hmmm nulis-nulis kok jadi kepengen nehh....
setelah itu saya berenang di pantainya, saat saya berjalan ke air aww..aww...aw.... sakit semua kaki saya. ternyata di pulau ini terlalu banyak terumbu karang, di pasir nya banyak sekali terumbu karang sehingga saat menginjaknya sakit. lalu saya masuk ke dalam air dan mulai berenang. lagi lagi saya kesakitan karena kaki saya membentur seperti batu. lagi-lagi ternyata terumbu karang. duuhhh nih pulau terumbu karang kali yee....untungnya kaki saya hanya merah-merah tidak sampai terluka. karena merasa berenang disini tidak aman, daripada kaki saya terluka karena terumbu karang saya pilih di atas saja foto-foto.

Setelah 1 jam kami naik lagi ke kapal untuk kembali ke Phuket. kurang lebih 30 menit kami tiba di Pelabuhan Phuket. kemudian kami dibagi kelompok dan diantar dengan mobil menuju hotel kami.
pulang ke hotel saya sangat kotor karena pasir dan bau air laut. saya segera mandi dan keramas.
setelah bersih saya pergi mencari makan. karena ini malam terakhir di Phuket saya mau mencicipi masakan Seafood di Kota ini. saya memesan kepiting, udang dan dimakan dengan bumbu khas Thailand yang asam pedas. hmmm yummy..... >.<

18 Juli 2012

Hari ini saya bangun agak siang, badan rasanya capek sekali. kemudian setelah mandi saya makan lagi di dim sum seberang penginapan. selain murah juga enak, minuman juga sudah disiapkan teh tawar hangat di meja.  setelah makan saya segera beres beres barang dan jam 12 saya check out. sebelumnya saya pergi makan dulu di mie hokkien yang saya makan sebelumnya. dan saat makan saya melihat ada orang bertato kaki sampai tangan, syeremm... dia bersama temannya, saya mengira cowok ini pasti mafia di Phuket. ehhh saat makanannya datang, tiba-tiba dia mengeluarkan buku dan mulai membaca, dan ternyata buku komik anak-anak ciakakakakkaka........

Setelah makan saya naik taxi menuju  terminal 2 Phuket. terpaksa naik taxi. Maklum Phuket adalah kota kecil dan trasnportasi kurang memadai. adanya tuk tuk, taxi atau ojek. malahan di Pattaya transportasinya lebih banyak dan kotanya lebih hidup. saya tiba di terminal pukul 13.30 dan saya memesan tiket bis pukul 16.00 harganya sekitar 650 baht alamak... nunggu lama. akhirnya saya di terminal sambil mondar mandir, tiduran di kursi nungguin sampai jam 4 sore. dah gitu ada ibu-ibu tua, dia kira saya orang Thailand, saya diajak omong panjang. akhirnya saya cuma liatin dia sambil bilang "mai kao cai" (bahasa thai artinya gak ngerti) tapi ya tetep aja dia ngomong, kalo saya tebak maksudnya sih titip tas suruh jagain soalnya dia mau ke toilet. ya saya iya iya saja. setelah dari toilet ibu itu kembali, ternyata dia juga mau ke bangkok sama dengan tujuan saya. akhirnya dia duduk dekat saya dan dia juga sendirian.
akhirnya jam 4 saya segera bersiap naik ke bis, dan saya liat ibu tua itu kesusahan membawa barangnya yang bejibun, ya akhirnya saya bantu bawakan. barangnya yak ampuunnn berattt, batu kali yee yang dibawa. dah gitu banyak lagi tasnya. setelah saya bantu naikkan ke bis saya naik ke bis, kebetulan bis nya tingkat, saya duduk di atas. perjalanan pulang kali ini hujan deras, jadi bisnya jalan pelan-pelan.

19 Juli 2012

Akhirnya tiba di Bangkok. setelah perjalanan melelahkan 13 jam. saya sangat tersiksa sekali di bis.
Berhubung bisnya lebih murah, kursinya lebih sempit dan ga empuk, sakit semua badan saya. saya berhenti di pemberhentian chatuchak, lalu naik taxi ke penginapan. kebetulan saya punya kenalan di Thailand jadi sepulang dari Phuket saya diberi tumpangan di condominium di daerah Ratchathewi. naik taxi di Thailand tidak terlalu mahal. dari Chatuchak sampai ke Ratchathewi hanya 70 baht, berhubung masih subuh-subuh sopir taxinya minta 80 baht, ya sudahlah.
setiba di Ratchathewi saya segera saja masuk dan tidur, tapi saya di condominium itu tidur di sofa, kan ga enak sudah dipinjemin masa masih acak-acak kamar orang. lagian sebenarnya ruang kamarnya itu disewakan. jadi harus dijaga kebersihan. condominium itu tidak besar kurang lebih sebesar apartemen di Marina Surabaya. tapi kamarnya ada 2 dan ukurannya besar ada yang 4 x 4 dan 4 x 6 dan kamar mandi ada 2, tersedia dapur, ruang cuci dan teras.

Jam sudah pukul 10 saya baru bangun, saya masih agak pusing karena perjalanan semalam. akhirnya saya paksa mandi air dingin, badan pun terasa lebih segar. lalu saya pergi ke platinum mall dan makan siang disana. lalu saya berjalan-jalan di pratunam market juga.

pratunam

Setelah dari pratunam saya pergi ke Mall yang belum saya kunjungi sebelumnya. yaitu Terminal 21
namanya unik. tempatnya pun juga unik. mall ini didesain seperti bandara pesawat. jadi setiap naik eskalator serasa kita habis melakukan penerbangan ke negara lain. ada lantai khusus jepang, san fransisco, london, Istanbul, dll
Untuk menuju ke Mall ini saya naik BTS dari Phaya thai menuju ke Asok harganya 40 baht
Saking uniknya dan kreatif desainnya sampai-sampai saya keluar masuk semua toilet di Mall ini. karena di Mall ini toiletnya juga didesain berbeda satu sama lain. keren banget. Di Indonesia belum ada mall yang  menggunakan konsep macam ini.

dari terminal 21 saya naik BTS lagi dari Asok menuju Victory Monument. saya turun untuk ke tempat makan suki. hanya dengan sekitar 160 baht sudah all u can eat.saya segera ambil sayuran dan seafood. tidak lupa juga mengambil french fries.

20 -23 Juli 2012

Hari ini teman saya dari Surabaya datang bersama keluarga dan temannya. saya menjemput mereka di bandara dan menemani mereka jalan-jalan. selama 4 hari 3 malam.
tanggal 23 nya kami pulang ke Surabaya bersama.
Bye Thailand, See you October!
teman saya beserta keluarga dan temannya makan malam di tepi pantai Pattaya

1. total doku/duit smuanya brapa mbak,,kebetulan tgl 10 ane mau k bangkok rencananya sih mau k phuket jg sendirian :))

Balasan
    1. kira 3-4 juta sudah cukup lah, untuk ikut tur ke phi2, makan, transportasi sama hotel tapi naik bis ya dari bangkok ke phuket.

Hapus
  2. WOAHH!! You sure went to a lot of places! How long was your trip in total? Any problems you found during your trip?

1. for 10 days.
      yeah, the most problem is a lot of people in Bangkok can't speak in english. and u can't also read the thai "dancing worm" characters.
      but if u want to buy something use "calculator language", the problem is fixed.
      In phuket city, phi phi island tour guide, is better.

3. Oh thx for the useful advice ;D
    Do you think it is necessary to have a tour guide? Or you can just easily travel around in Thailand without one? ><
    Thx again for your useful tip ^_^

Balasan
    1. if u'r first time go to thailand. have a tour guide is better.

Hapus
  4. okay!! are there tour guide in thailand that can communicate in indonesian well though??

Balasan
    1. ome guide can speak melayu (not indonesia) coz some people in thailand near malaysia, have same culture and languange with malaysia. but my friend can speak Indonesia nicely. his sister stay in Indonesia.

Hapus
  5. how did you choose the places you went to? did you look them up in the web?? if so, which one are useful???

1. ask my friend in thailand... hehehehhe
      u can check it first in google.

Hapus
  6. Hey.. is it hard to travel around in Thailand? like.. do you have any difficulty using the public transportation?

7. Hallo sienny. Nice trip story. Btw saya juga dari surabya loh dan Saya juga akan pergi backpacker ke bangkok n phuket nanti bulan january. Semoga blog ini dapat membantu saya banyak selama di sana. Salam kenal, siapa tahu kita bisa bacpackeran bareng di tempat wisata yg lainya.

8. hai mbak sienny, rencananya saya juga mw ke Thailand bulan maret 2013. Tapi saya kebetulan dpt pesawat Jkt Phuket PP. enaknya nyampe Phuket langsung ke Bangkok dulu ato explore Phuket dulu ya?? Thx lohh sebelumnya..

Balasan
    1. kalo saya ya ke bangkok dulu. soalnya bangkok lebih banyak tempat wisata daripada di Phuket. belanja juga di Bangkok kan, di Phuket cuma ada pantai, phiphi island, patong. Nanti pulangnya juga ga repot sudah di phuket.

Hapus
  9. Saya berangkat backpackeran ke Thailand 24-29 maret 2013, bisa minta tolong liat contoh itinerary-nya punya mbak gak? kalo boleh kirim ke saya ya mbak Sienny ke dhani_ypm@yahoo.com sekali lagi thx loh.. :D

10. Wah iya, saya juga bareng temen mbak gak pake tour.. :D oia kalo sampe Phuket kira2 jam 9 mlm (soalnya dr CGK sore)masih ada bus gak yaa buat ke Bangkoknya? Dan kira2 berapa bath ya harganya? Thx lagiii looh.. heheee..

Balasan
    1. hmm... soal bis kurang tau sih ada gak yg malam. mending ke terminal liat jadwal sekalian beli tiketnya gitu. yang kursi biasa bukan VIP lho ya, sekitar 650, tapi waktu dari bangkok ke phuket itu harganya 700 lebih. kalo VIP lebih mahal lagi.

Hapus
  11. mba sienny, utk 5 hari dengan budget hny 2 juta explorasi bangkok cukup ga yah? tidak termasuk ke phiphi island..
    thanks

Balasan
    1. ya asal dapat penginapan murah. perorang dibawah 500 baht permalam dan makan 30-6- baht sekali makan ya cukuplah.
      tapi tempat wisata ya terbatas.
      masuk grand palace, wat pho, wat arun bisa lah.
      masuk dream world kalo ga salah 1000/org.
      cuman kalo banyak ke tempat wisata ya uang belanja jadi kurang.
      kalo mau banyak belanja ya tempat wisata yg murah2 aja.

Hapus
  12. mba' Sienny, boleh nanya sdikit ya,,rencana saya mau main ke bangkok bulan maret nanti, trus begitu tiba di bangkok besok nya mau lanjut ke phuket naik bis, dari terminal mochit kira2 rinci nya gmna mba nyari tiket n keberangkatannya,Bis apa, brgkat jam barapa, n tiba jam brpa, juga brpa lama perjalannannya..? trimakasih sbelumnya mba'

Balasan
    1. bangkok - phuket itu sekitar 12-13 jam. kalo berangkat jam berapa itu tergantung armada bis yang mana. itu macam2 armada anda bisa pilih, jam keberangkatan juga berbeda. saya kapan lalu sih pilih malam, naik bis apa saya lupa, asal pilih juga sih yg deket2 jamnya drpd nunggu lama. jadi sampe phuket pagi, tidur di bis. pas tengah malam dibangunin, bisa makan bubur. mending pilih yg agak mahal dikit jangan yang paling murah, kalo paling mahal ya boleh fasilitas nya lebih enak lagi. duduk 12-13 jam kalo kursi ga nyaman juga ga enak kan.

Hapus
  13. tahun 2014 .backpacker kemana?

Balasan
    1. hahahah tidak tahu. tahun ini saya backpacker ke singapore, tapi masih belum tulis sih.

Hapus
  14. Mba Sienny, mau tanya nih. Karena baru pertama kali ke Bangkok. Saya cuma ke Bangkok saja, ga ke Phuket. Saya tinggal di Metro Resort Pratunam menuju ke Grand Palace, Wat Pao, Wat Arun, Chao Phraya, dll itu saya naik taxi atau naik BTS terdekat (BTS Ratchathewi)? Kemudian kalau dari Pratunam Ke Pattaya apakah jauh ya? Apa saya harus menginap atau bisa pulang langsung? Kemudian dari BTS Ratchathewi ke Terminal 21 bisa ga? Terima kasih atas petunjuknya mbak.... Khop khun ka..

Balasan
    1. ke terminal 21 dari ratchathewi ke asok. sudah sampe deh.

kalo mau naik BTS ya
      ratchathewi berhenti ke SIAM
      dari SIAM pindah jalur dari sukhumvit line ke Silom line
      dari Siam sampe ke saphan taksin
      jalan dikit ke central pier naik kapal menyusuri chao phraya river sampe ke watpho

cuma ya ribet harus pindah2, tapi ngrasain naik kapal.

kalo ga mau ribet ya naik taxi saja sekitar 150 baht.

Hapus
  15. ce, sienny, 21 maret sy sklurga 5org udh book hotel di Siam Place Airport hotel, utk kunjungi Grand Palace,Wat Po n Wat Arun,enakan naik apa yg hemat? MRT/BTS apa sewa mobil utk 1 hari.Thanks 4 Sharingnya ya.

Balasan
    1. naik taxi aja. soalnya daerah grand palace dan sekitarnya itu jauh dari BTS dan MRT. sebenarnya bisa saja naik BTS trus lewat jalur air naik kapal, tapi ntar tambah ribet. kalo mau praktis ya naik taxi sekitar 150-200 baht sekali jalan, tapi anda 5 org ya harus naik 2 taxi. kalo mau sewa mobil seharian di bangkok 2700 baht sudah termasuk bensin, parkir, tol. 10 jam. sopir bahasa indo.

Hapus
  16. hai Sienny salam kenal,. sya Rara.. cerita backpacker nya keren,. kebetulan sy sama sahabat ada rencana k Thailand 15-19 Maret ini (untuk pertama kalinya),.
    Masih bingung sama detail perjalanannya.. Tp sobat sy pengen banget ke Phuket.. abis baca ceritax Sienny pasti bisa kykx (cek harga tiket AirAsia.. hohohoho).. Btw, adakah cara qt bsa chatting?? have lot of questions in my mind.. thanks before :D

1. x14n_ni@yahoo.com
      bb 2233525C
      whats app 089677531232

Hapus
  17. mba sienny salut dh sama keberanian jalan sendrian gt... amankah di bangkok?setelah itu ke spore ya?justru spore saya sering dan gampang kok.. pake google map lengkap petunjuknya...

Balasan
    1. hehehehhe yah saya ga berani bilang aman, ya pokok jaga barang, jaga diri saja. iya di sgpr MRT nya enak, naik bisa juga bisa. kalo di thailand mau naik bis, boro2 baca tulisan kemana aja ga bisa.

Hapus
  18. keren banget ceritanya....oktober nanti saya rencana kesana,trus saya rencana mau ke phuket juga pakai bis,kasih tau dong jalur2 nya.thanks.ini pin BBku bisa gak kita chat 28F83389

19. *dua jempol di udara buat mbak sienny*

mbak sieeny, nanya dong..
    aku dari bangkok ke phuket naik pesawat, nyampenya jam 12 siang, itu ga bisa langsung ikutan tour ya? tour phi2 itu harus pagi ya?

oh iya tempat nginep di phuketnya ini bukan?
    pengen booking dari sekarang..

makasih ya..

1. ya kalo dicelana nggak keliatan dong... hahahahha
      ga bisa, harus pagi2. itu turnya pagi sampe senja. lama lho.dapat makan minum, tapi saya naik boat bukan ferry lho ya. kalo ferry itu saya kurang suka orgnya terlalu banyak, dan ga bisa menepi ke tempat syuting leonardo di caprio, kalo boat isa menepi di pasir2.
      ya rattana mansion. bagus kok bersih, dan nyebrang jalan bisa makan pagi dimsum.

Hapus
  20. semua jempol buat ci sieeny..
    aku rencana oktober ini ke bangkok.. sudah kebayang mau kemna aja.. tapi mentok di perkiraan waktu.. btw no watsapp masi aktif ci? aku add boleh ya..

Balasan
    1. dapat 4 dong, plus jempol kaki. hehehehhe ya. tau ya?

Hapus
  21. Mbak, mau tanya dong, rencananya saya dr bangkok ke pattaya naik bis, berangkat pagi, malamnya balik lg ke bangkok, tmpt wisata d pattaya yg bagus dan cukup buat sehari apa aja yah, makasih ;)

1. kalo ke nongnooch bisa langsung lanjut ke budha laser sama silverlake
      kalo ke daerah sriratcha tiger zoo, bisa lanjut ke pattaya floating market, bigbee farm, gems gallery
      yang penting ke pantainya lo. masa ke pattaya ga liat pantai pattaya.

Hapus
  22. ci sien.. tanya donng.. aku dapet tiket pp jkt bangkok. tp pingin main ke phuket. kalo ngebus dr bangkok ke phuket malam.. paginya ikut tour.. trus malamnya dihajar ke bangkok lg pake bus kira2 nekat apa biasa aja? ato mending dipake ke pattaya? makasi ci...

Balasan
    1. ya mungkin bisa2 aja ya, tapi sebaiknya sebelumnya pesan dulu paket tour ke phi phi, kalo terlalu malam kantor turnya tutup ga bisa boking. pilih yg bis paling malam aja, kan habis dr tur kapal badan kotor kena air laut dan pasir

Hapus
  23. Mbak mau tanya lagi dong, pesawat sy dr phuket menuju bangkok,nyampek don mueang jam 12 malam, kita berencana tidur d bandara sambil nunggu pesawat air asia balik ke sby jam 8 malam, mau jalan jalan dulu ke MBK, tmpt penitipan tas dan kamar mandi umum d bangkok dimana ya. Mungkin ada info... Kalo mau booking hotel,masih ragu..makasih...

Balasan
    1. hah? saya ga tau tempat penitipan tas dan kamar mandi umum. kalau ada pesen hotel tas bisa dititipin ke hotel, tapi soal mandi nah itu.... hehehhehe

Hapus
  24. mba..mau tanya donk nama restoran suki yg di victory monument-nya apa? dan bagi infonya kl mau wisata kuliner di bangkok yg enak dan halal dimana aja? hehee

Balasan
    1. lhaa saya ga tau namanya. di thailand banyak seafood, ayam, bisa makan kan. kalo restoran india gt pasti halal. kebetulan saya kan cuma makan seafood, ga begitu makan daging ayam, babi, sapi dll ga repot kok cari makan disana.
      kalo mau ke suki itu dari victory monument jalan ke arah phaya thai, sebelah kiri jalan, besar dan ramai sekali waktu malam. murah soalnya.

Hapus
  25. mbak klo cuma bawa 7000Thb bangkok-pattaya slama 4hr cukup gak ya ??

26. ya asal ga boros boros ya cukup aja ya

27. Bravo...two thumbs up buat Sienny meskipun cewek tp luar biasa jiwa petualangnya.
    Aku tgl 25 Mei ini first time traveling to bangkok n pattaya sama keluarga...klo aku butuh info nanti tolong dibantu sharing ya via whatsapp (Luke 088805156086). Thanks sebelumnya

28. ce...kalau dari daerah hotel ibis nana bangkok ke grandpalace enaknya naik apa? klu naik taksi kira2 brp? tq

Balasan
    1. naik taxi itu ga terlalu mahal kok sekitar 100-200 baht kali.

Hapus
  29. salam kenal mbak Sienny, aku mau nanya dong, jumat besok aku mau naik bis dari phuket ke bangkok, kira2 bisnya namanya apa? apakah bis travel swasta atau bis travel milik pemerintah? soalnya denger2 ada bis yg suka seenaknya turunin penumpangnya di tengah jalan...makasih sebelumnya

Balasan
    1. saya namanya ga inget, bukan turunin penumpang di tengah jalan, terserah mau berhenti dimana, pemberhentian terakhir kan terminal, emang ada yg berhenti di tengah jalan. cari bis yg harganya tengah2, ga terlalu murah dan mahal.

Hapus
  30. Hebat mbak perjalanannya. Saya berencana ke phuket tapi next year sendirian. Mungkin mbak bisa kasi tips2 buat saya. Apa saya bisa minta contact mbak? Trims

Balasan
    1. tips apa ya.... bingung jg. ya kalo ke phi phi lebih enak naik boat jangan ferry karena kalo ferry ga bisa turun kapal, ga bisa ke daratan. kalo boat bisa. itu aja sih.

31. mba....
    mau tanya nih. pas dr phuket-bangkok kan turun di Chatuchak dan meninap di tempat temen di Ratchathewi. ada rekomendasi tempat menginap yang murah ngga??

thx

Balasan
    1. daerah ratchathewi kayanya susah cari yg murah, daerah ratchaprarop itu mayan murah
      link corner hostel tapi sebaiknya booking dulu. atau mau daerah khaosan itu banyak yg murah

Hapus
  32. luar biasa sienny,,any idea gak ya klo mau pergi ke sapatra fruit farm? 've u benn there before?

Balasan
    1. idea apa? sewa mobil aja kalo mau kesana, itu masih dr pattaya ke luar kota lagi, jauh.

Hapus
  33. alo sienny wa sama bb nya aktif ga ya?saya udah add cuma blum diapprove, wa jg ga deli kayanya.

Balasan
    1. hahahah, kemarin bb saya yang lama rusak, sudah ganti yg baru. wa belum aktif.

Hapus
  34. hello ci, kalo boleh tau nama paket tour yang kamu pakai di phi phi island apa yah?
    soalnya rencananya aku mau solo travel sekitar januari taun depan.
    makasih ya :)

1. sori lama balesnya. saya ikut yang pake kapal boat
      soalnya ada 2 pilihan pake ferry ato boat. mending boat
      soalnya kalo ferry ga bisa ke tepian laut loo. harga emang lebih mahal sih. kapan lalu saya paket 1 harian 1500 baht
      pake nawar dan keliling keluar masuk tempat travel di phuket. fasilitasnya antar jemput hotel ke pantai buat naik boat menuju phi phi, makan siang prasmanan, minum free, buah selama diperjalanan.

Hapus
  35. keren super banget bisa nemu blog ini..Hai ci sienny,keren pengalamannya...jadi tambah motifasi buat kesana n smakin meyakinkan hati di Bulan desember nanti...bisa bagi info budget ga?buat namabah info?dimana tempat nginep dibangkok yg asyik...rencananya cuma mau city tour aja ci...
    Makasih... :)

Balasan
    1. makasih. budget tergantung ya hotel dimana, makanan apa, ke tempat wisata apa. tiap org pasti beda. seharusnya 5 hari an bawa 2-3 jutaan/orang dah cukup tapi nginep hotel murah lho ya. itu dah termasuk makan trasnportasi dan belanja. tapi ya itu kembali lagi, kalo doyan shopping uang segitu ya ga cukup bisa2.
      tempat nginep saya kurang bisa kasih tau ya, mending cek di agoda untuk penginapan, karna saya taunya kalo mau yg murah daerah khaosan, itu serasa kaya di bali deh suasananya. banyak bule, apalagi kalo malam khaosan road rame banget.

Hapus
  36. Mau nanya,Perusahaan tur ke phi phi islandnya namanya apa? Lokasi kantornya dimana ya? Terimakasih

Balasan
    1. waduh saya ga catat, ga liat juga, soalnya keluar masuk kantor tur, nyari yg murah. hehehehe

Hapus
  37. mba sienny, mau nanya nih..kalo hotel di phuket itu di fokuskan di sebelah pantai barat ya dari pulau tsbt seperti Indigo patong hotel, blue ocean beach resort tri trang, dsb....kalo sebelah timur tempat2 wisata yg ga ada hotelnya.
    terima kasih.
    hermawan

Balasan
    1. nggak juga, ada kok penginapan. di phuket. patong kan jauh dr phuket masihan.

Hapus
  38. Ce sienny.. Bole mnta pin bb/wa nya? Aku mau ke bangkok-phuket nih januari, tp msi bingung naik bus n cari travel lokal nya.. Blom pernah ksana, tkut nyasar/salah.. N banyak ptanyaan jg nih hehehe.. If u dont mind, add pin ku yah 27a9204d / wa 087880002050 thanks ce..

39. Tour di phi phi balik ke phuket nya jam berapa ya? Kalo flight malam dari Phuket, let say jam 9 malam, masih bisa ikut tour ke phi phi gak ya di hari itu?

Balasan
    1. pulang nya ke phuket jam 5 jam 6 sore. berangkatnya ke phi phi pagi.

Hapus
  40. mba sieeny, salam kenal saya rencananya mau k bangkok desember ini tapi saya cuma ke phuket dan ingin beli kamera nikon di sana, apakah di sana lebih murah drpd di indo? utk Park Wing, Sathon,itu letaknya jauh gak ya dari terminal? apakah ada medsos pin bbm, atau wa yg bisa saya hubungi mba? mau nanya nanya juga ni trims :)

41. awalnya sendiri mba disana ?
    kalau 4 hari cukup ga yah bulak balik bangkok - phi-phi island naik bus dan kereta ?

Trims

42. Mau tanya yah. Pha Nga Bay sama Phi Phi Island apa sama ? Kalau beda bagus mana ? Thanks ya

43. Hallo Kak.. Bagi info dong.. Slma kkak backpacker me Thailand ITU total biaya berapa malo di jumlah small ticket pesawatnya?? Am may ke Thailand taun dpan.. Tp am Blum pnah me liar Negri.. Jdi binging .. Pencerahannya donk Kak least email Debby.diva@ymail.com ... Thanks

44. Sewa Mobil Tour Di Bangkok ( Sopir berbahasa Indonesia )
    Untuk pemesanan sewa mobil hubungi
    Mr. Tree Smityothin
    Mobil : +6681 922 2621 / +6682 551 1551 ( call only, no sms )
    WhatsApp : + 6681 922 2621
    LINE : t-bangkok
    BBM : 74445B6C
    Facebook : http://www.facebook.com/SewaMobilTourDiBangkok
    Email : tree_smit8@hotmail.com

45. mbak kalo' boleh tau nama tour yang melayani ke phiphi island apa ya?

46. ka mau tanya, itu bus yg ke phuket dr mochit ya?namanya bus apa ka?
    trus pas balik dari phuket ke bkk naiknya dr terminal phuket apa?bus nya namanya apa? aku tgl 13nov ini sih rencana ke phuket dr bkk hehe

47. Mbak, pesawat air asia bolak balik indo thai kira kira berapa yah? kalo di thailand uang cuma 1,5jt cukup ga? tapi tiket pesawat tidak termasuk, 1,5 jt cuma buat jalan jalan di thailand doang

48. jadi kangen ke bangkok. cuma kemaren gk ke phuket

49. Mbak.. aku mau ke thailand.ekonomis mana sih pke travel atau backpacker aj ya?aq d tawarin 5,3jt sdh include tiket pesawat tp destinasinya kebanyakn mall.aq dan tmn2 pengen ke tmpt eisata sprt phuket.travel tawarinbyg di pataya aja. Need advice donk mbak??pacar aq dulu pnah ke phuket sekali doang.

Balasan
    1. Kalau boleh bantu jawab..

Lebih baik backpacker..Lebih berasa pengalamannya..Backpack nya kalau memang tempat qta nginep bisa dititipin lbh enak..Sy November 2015 kemarin k Bangkok cari penginapan melalui situs www.airbnb.com kamar yang ditawarkan ga hanya hostel,tapi ada juga seperti kamar kos yang sudah tersedia kamar mandi di dalam,teko elektrik & hairdryer..
      Ada jg beberapa hotel low budget..

Untuk info jalan2nya mungkin bisa ke Ratchaburi..Dsana ada floating market & tiger temple..Karena ke Bangkok itu yang dcari temple,buah2an,night market & kuliner..

Ke Grand Palace juga seru..Tapi harus berpakaian sopan untuk bisa masuk kesana..Yang pasti pakai celana panjang atau rok panjang :) Sorenya di dpn Grand Palace ada upacara penurunan bendera..

Yang pasti kemana2 harus bawa peta kya Cici Sienny..Karena memang dsna susah berkomunikasi dengan penduduknya..Kalau ada peta tinggal tunjukin kemana tujuan qta..Selama disana smua penduduknya mau koq men-direct tujuan qta dan bis apa yang akan qta naiki..

Kebetulan tempat saya menginap orangnya bisa berbahasa Inggris,jadi kalau nanya jalan dan bis lbh sering nanya ke dia..

Kalau sewaktu saya ke Thailand lebih pilih ke Pattaya..Untuk next trip to Bangkok sepertinya baru ke Phuket..

Minus nya backpacker bisa jadi kelamaan turun naik bis..Karena kalau tujuan qta harus dtempuh dengan beberapa bis,ada lokasi yang bis nya lumayan lama lewatnya..Lebih baik naik taksi..Bisa juga naik tuktuk,tapi jangan sampai digetok harganya..Harus tawar,senawar2nya..Kalau naik tuktuk dan sopir tuktuk nya menawarkan mampir ke tempat lain dulu sebelum mengantar ke tujuan qta lebih baik ditolak..Karena buang2 waktu yang udah qta setting.

Hapus
  50. Mba, paket tour ke phi phi island nya pake tour apaan ya? Msh inget ga namanya? Makasih

Balasan
    1. maaf lama ga buka blog. saya ga tau nama kantor tournya. asal keluar masuk kantor soalnya.

Hapus
  51. hello kak, mohon info untuk paket tour phi phi island donk, kok kamu bisa dpat murah gitu sih, aku juga mau. aku rencana mau backpack ke bangkok, pattaya dan phi phi island berdua suami. thank u ya say

Balasan
    1. maaf paket tour phi phi itu saya juga nyari nyari ke kantor tour. tapi biasanya pihak hotel di phuket ada menawarkan.

Hapus
    2. Mbak ini no wa saya 081268991776, saya banyak pertanyaan soal ke bangkok. Boleh chat saya ga ? Atau ga saya mnta no wa mbak. Soalnya yg di atas saya save no wa nya gada

52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

53. Salam kenal mbak sienny
    kalo ceritanya kedatangan di bandara bangkok,trus pengen rute pulangnya di bandara puket,kira2 Bangkok-Pukhet destinasi apa2 aja yang wajib disinggahi?Dan di destinasi tsb biaya hidupnya relatif murah :D.
    Kalo bisa banyak daerah juga yang bisa dilihat,jadi gak hanya Bangkok dan Puket aja.
    Trmksh

Balasan
    1. kalo daerah bangkok phuket ya mungkin pattaya, floating market dumnoen saduak.ke phuket bisa ke patong beach. patong itu saya belum pernah pegi sih.

Hapus
  54. seru, jadi ingat perjalanan ke Singapore dan KUL 4D3N nginap cuma 1 hari..haaaa

55. Numpang Share ya, mana tahu berminat bermain Poker Online Bisa langsung di sini www.cahayapoker.net

56. Mbak setelah lulus kuliah saya ada rencana mau backpackeran ke Bangkok. Tapi sekarang masih nabung dulu. Bisa minta kontaknya nggak buat saya tanya2 biar ada persiapan? Terimakasih Mbak.

57. punten mau tanya, saya akan melakukan backpacker murmer ama temen saya beberapa bulan lagi, baru cari referensi destinasi sama budget. jika saya hanya membawa 2 jt rupiah (no hotel, no tiket pesawat) untuk transport, makan, dan keperluan yang lain disana apakah mencukupi?

58. Kaka, mohon infonya. Saya rencana dengan teman ke thailand awal 2018. Rencanaya kami mau ke pattaya, ayuttya, phuket, hua hin, krabi/phi phi island. Kira" butuh berapa hari dan route terbaiknya dimulai dari mana ya? Moga dibalas. Makasih☺🙏

59. mbak,kalo boleh tau nama tour agency nya apa ya?